SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANA INI

Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Blogger Pemula Dalam Dunia Blogging

Apa itu blog ?

Welcome to Blogger World

       Blogspot atau lebih dikenal dengan nama Blog adalah salah satu layanan google dimana anda bisa mempublikasikan sebuah artikel, foto, cerita, video anda sendiri. Layanan Blogspot sendiri mirip dengan youtube, kenapa saya bilang mirip dengan youtube, karena youtube dan blogspot akan menghasilkan penghasilan / monitize jika anda menekuninya secara mendalam. Perbedaannya hanya terletak pada publikasi kontent, youtube mempublikasi kontent dengan video sedangkan blogspot bisa mempublikasikannya dengan kata-kata dan dapat disertai dengan gambar dan video. Hal terpenting saat mempublikasikan kontent anda haruslah original yaitu hasil dari ketikkan anda ( untuk Blogspot ) dan video anda sendiri ( untuk Youtube )

My First Template

1. Template

     Selain pembuatan artikel yang original dan menarik untuk pembaca hal lain yang harus diperhatikan template anda. Mungkin anda berpikir template hanyalah tampilan untuk menarik mata para pembaca, tetapi anggapan itu salah! kenapa salah ? karena didalam template memiliki fungsi lain yaitu sebagai berikut :

    a. Mempengaruhi Loading Suatu Blog

         Didalam template sendiri terkandung banyak kode html, javascript, dan css. Oleh karena itu sebagai blogger kita harus pandai-pandai mengolah kode-kode tersebut supaya tidak mempengaruhi speed loading blog anda, jangan sampai anda menaruh kode seperti javascript yang berat hanya untuk mengubah tampilan karena hal itu juga berdampak juga pada pembaca yang ingin membaca salah satu artikel kita akan tetapi loading kita lama dan bisa berpotensi pindah ke blog sebelah.

    b. Template Responsive

         Pilihlah template yang responsive, apa itu responsive ? responsive adalah suatu tampilan blog yang tampil ketika blog anda dimuat di device lain tidak akan mempengaruhi posisi-posisi widget anda atau bisa dibilang tampilan blog anda sesuai dengan tampilan device ketika dimuat.


   c. Jangan Memberi Widget Alay / Lebay

       Widget adalah suatu menu yang kita taruh sekiranya untuk mempermudahkan akses pengunjung / visitor blog untuk menjelajahi isi dari blog kita, seringkali kita berpikir bagaimana supaya tampilan blog kita bisa dibilang keren dah menambahkan beberapa widget yang fungsinya tidak terlalu penting, menurut saya salah satunya penambahan widget lagu, widget ini salah satu widget berat karena mempengaruhi loading blog. Memang benar lagu bisa mempengaruhi mood seseorang akan tetapi widget lagu ini menurut saya kurang penting karena nantinya pengunjung juga kaget jika sedang mendengarkan lagu diyoutube dan mendengar suara lain hehe, apalagi kalau lagunya bernada tinggi, pengunjung pun jadi tidak betah dan berkunjung di blog sebelah. Selain widget tadi sebenarnya masih ada widget alay yakni gambar seperti tanda panah untuk mouse yang diberi kelap-kelip atau kata-kata karena bisa menutupi bacaan para pengunjung juga, gambar kartun-kartun yang bergerak, serta widget kembar atau widget yang fungsinya sama lebih baik anda jangan menaruh diblog anda.

    d. SEO

Template blog yang memiliki SEO score yang bagus akan membuat pengunjung berdatangan karena blog anda bisa muncul di page one google / search engine lainnya.

Intinya memilih template itu yang sederhana, responsif, fast loading, SEO berkualitas.

Salah satu teman saya juga berbagi ilmu tentang Template Blog Responsive silahkan kunjungi artikel teman saya untuk menambah refrensi anda di Template Blog Responsive Terbaik

2. Backlink / Partner Ngeblog Anda

     Backlink adalah salah satu cara untuk mendapatkan pengunjung dengan cara anda menitipkan link hidup blog anda kepada blog / website lain, atau anda bisa bertukar backlink kepada pemilik blog / website lain dengan keterangan yang telah dibicarakan sesama pemilik blog / website.

3. DMCA [ Digital Millennium Copyright Act ]

      DMCA adalah sebuah peraturan atau hukum digital dimana pemilik konten atau orang yang mempublikasikan sebuah konten tersebut adalah asli buatan dia, jika tidak original / asli buatan tangan dia maka akan dijatuhi hukuman DMCA yaitu menghapus konten yang bersangkutan untuk segera dihapus. Jika anda mengabaikannya maka blog anda bisa terhapus dari blogspot karena melanggar DMCA yaitu tentang pelanggaran hak cipta, untuk lebih lengkapnya silahkan anda berkunjung ke www.dmca.com .

     Saya masih newbie yang haus akan ilmu,saya disini bukannya sok mastah ataupun sok menggurui, saya hanya sekedar berbagi informasi Apa Saja Yang Harus Diperhatikan Blogger Pemula Dalam Dunia Blogging. Semoga dapat membantu anda yang baru terjun kedunia blogging. Happy Blogging :)

2 comments

mantap infonya gan, sangat bermanfaat apalagi buat ane yg masih pemula dalam dunia bloging

Pesan Author :

1. Tolong Jangan Spam.
2. Jangan Gunakan Kata yang Bersifat Sara / Kotor / Rasis / Menghina.
3. Jangan Gunakan Link Aktif atau Mencantumkan Url.
4. Jika Ingin Free Backlink Berkomentar Pada Menu Partner.
5. Jika Melanggar akan Saya Hapus Komentar Anda.
6. Kalau Engkau Blogger, Tinggalkan Komentarmu pada Artikel yang Engkau Kunjungi.
EmoticonEmoticon